Tips Renovasi Rumah saat libur Covid-19

Bekasi (WismaJaya) – Dalam liburan Covid-19, rasanya muspro kalau kita hanya berdiam diri saja.

Mumpung suami istri dan anak-anak kalau sudah remaja, ada di rumah semua, ayo renovasi rumah tanpa harus bayar biaya tenaga kerja.

Agar biaya tidak membengkak, maka kiranya kita perlu membuat tahapan-tahapan, antara lain :

Buatlah Skala Prioritas terlebih dahulu
Tntukan terlebih dahulu, renovasi kali ini untuk sekedar memperbaikim atau mempercantik rumah. Jangan mengikuti kata hati, apalagi saran dari tukang, biasanya membuat budget semakin membengkak.

Misalnya Anda berangkat dari pemikiran membuat sebuat kamar tambahan untuk anak yang sudah mulai dewasa. Fokuslah pada kamar yang sudah Anda rencanakan ukuran bentuk, warna, dll. Jangan tergoda untuk mempercantik kamar tersebut, seperti mengganti warna yang sudah ditetapkan pada Catatan Skala Priorita, dari cat tembok biasa menggantinya dengan Wallpaper, atau lainnya. Jadi fokuslah dengan perencanaan awal yang sudah Anda tuangkan dalam Skala Prioritas.

Buat Estimasi Pengeluaran
Buatlah estimasi pengeluaran, dengan cara menghitung atau memperkirakan jumlah bahan-bahan yang akan dipakai, dengan berkonsultasi dengan toko bangunan, setelah itu semua bahan kebutuhan dikalikan dengan harga satuannya, maka Anda akan mengetahui perkiraan biaya bahan yang akan dikeluarkan.

Kedua perkirakan lama pengerjaan, dengan mencari tahu dari tetangga yang pernah membuat hal yang sama, atau konsultasikan dengan teman atau tukang.

Taktik tukang harian, biasanya mereka memperkirakan dengan lama waktu yang singkat. Jika demikian, Anda dapat menantangnya dengan menambahkan 3 hari dari perkiraan mereka, dan Anda tawarkan untuk borongan, jika mereka menyanggupi, berarti perkiraan tersebut benar adanya. Tapi kalau mereka tidak berani menyanggupi, berarti Anda perlu mendapatkan tukan aternatif untuk membicarakannya ulang.

"Hingga Anda dapat memperkirakan biaya bahan dan biaya tukang"

Anda dapat mengajak Toko Material untuk menjadi Rekanan, sehingga
Anda pun mendapatkan harga-harga yang standar dari awal.

Lebih beruntung lagi, jika Toko Material tersebut dapat dibayar secara bertahap atau angsuran, sehingga Anda dapat segera membangun, tanpa haru menunggu uangnya ada semua terlebih dahulu.

Hati-Hatilah dalam memilih tukang. Biasanya tetanga dapat memberikan rekomendasi tukang yang baik dan tidak.

Biaya tak Terduga
Setelah mengetahui biaya estimasi tersebut di atas, dimana Anda sudah mengetahui biaya bahan dan biaya tukang. Kini Anda pun tetap harus menyediakan tambahan untuk cadangan biaya tak terduga.

Jika Anda sudah yakin dengan akurasi perhitungan Anda di atas, maka Anda tidak perlu banyak menambahkan biaya tak terduga tersebut. Tetapi jika Anda kiranya kurang yakin dengan perkiraan Anda, maka 25% dari perkiraan Anda diatas (100%), ditambah (100% x 25%) kiranya cukup masuk akal. Sapto Satrio Mulyo

Foto : Istimewa

Tulisan ini sudah pernah tayang di beritaproperti.web.id

Subscribe to receive free email updates: